Berita

//

Sekda Hadir Launching Aplikasi SONGKET oleh Gubernur Sumsel • Via Zoom Metting

2021-05-10 05:35:46 Admin Web Portal

LUBUKLINGGAU-Sekda Kota Lubuklinggau, HA Rahman Sani menghadiri launching aplikasi Sistem Operasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (SONGKET) Provinsi Sumsel dan pengukuhan pengurus Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FORUM DAS) Sumsel periode 2021-2026 oleh Gubernur Prvinsi Sumsel, H Herman Deru, secara virtual di Command Center (CC), Jumat (7/5/2021).
Dalam arahannya H Herman Deru mengatakan aplikasi ini merupakan aplikasi canggih dan sangat ditunggu-tunggu semua pihak.  “Terimakasih kepada WRI yang telah menghibahkan aplikasi, dimana lebih besar biaya memadamkan api dari pada mencegah, ujarnya. 
Menurut gubernur, dari aplikasi ini untuk mengatasi daerah yang biasa terkena kebakaran lahan, Pemprov Sumsel telah menggunakan dua aplikasi yakni aplikasi  Lancang Kuning dan SONGKET.



Sedangkan mengenai aliran sungai, sambung gubernur,  kita selalu lalai karena dampak pembangunan yang kurang memperhatikan lingkungan yang mengakibatkan ekosistem air menjadi rusak. Maka dengan pelantikan Forum DAS ini diharapkan dapat mencegah kerusakan ekosistem air karena untuk menanggulanginya memerlukan biaya mahal. 
Pemprov Sumsel dalam hal ini Anton Setiawan menyampaikan SONGKET merupakan aplikasi berbasiz android agar masyarakat mudah mengaksesnya.  Aplikasi juga dapat mendeteksi jarak terdekat titik api dari posko dan dapat mengetahui jalur terdekat titik api antara posko.
Ia menjelaskan dalam aplikasi ada kamera pengintai yang dipasang atas kerjasama dengan PT.Telkomsel dan sudah ditandatangann MoU dengan Dinas Perhubungan “Dari aplikasi ini petugas dapat mengawasi apakah titik api kebakaran, disebabkan oleh manusia atau terbakar sendiri,” tandasnya. 
Ia juga mengatakan aplikasi ini juga dapat mendeteksi kebakaran yang melanda pemukiman sekaligus mempermudah proses tindakan hukum bagi pembakar lahan. 



Sementara Direktur WRI Indonesia diwakili Almo Pradana menyampaikan WRI Indonesai telah bekerjasama dengan pemerintah sejak 2011 lalu sebagai upaya mempercepat pertumbuhan gambut dan penghijauan serta pengelolaan ekosistem gambut di Sumsel. 
“Kami WRI memberikan hibah produk pengetahuan satu unit sistem data, infomasi dan perangkat dimana sistem ini dapat digunakan secara daring, semoga dapat mendukung pemerintahan dalam pengelolaan sistem ekosistem gambut. (*)




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1607
  • Kemarin 3114
  • Minggu ini 26371
  • Bulan Ini 77730
  • Total 915593

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?